jump to navigation

About

SLB Yayasan Pendidikan Budi Bhakti (YPBB) KARIMUN

Pendiri Yayasan Pendidikan Budi Bhakti dan SLB YPBB Karimun

Alamat : Jln. Pelipit Kapling No. 02 Kel. Sei Lakam Kec. Karimun Kab. Karimun Telp/HP : 081270079999. Email : slb_ypbb@yahoo.co.id. Rek Bank BRI Cabang Tanjung Balai Karimun No: 0618 – 01 – 002063 – 50 – 8  Atas Nama SLB Swasta Karimun

Sejarah Singkat

Berawal ketika menginjakkan kaki di Karimun.  Sekedar informasi, Karimun adalah sebuah pulau di bagian Propinsi Kepulauan Riau. Pulau ini (Karimun-red) juga berada pada jalur lalulintas perdagangan internasional yang berbatasan langsung dengan dua negara maju yakni Singapura dan Malaysia. Sekitar Tahun 2000 saat berjalan tanpa tujuan pasti,  saya melihat sebuah tempat praktik pengobatan tradisional. Walau saat itu tidak ada yang menarik perhatian, namun pandangan saya terus tertuju pada tempat pengobatan tersebut. Hingga akhirnya tertegun melihat beberapa orang tua menggandeng anaknya yang berjalan terseok begitu patuh mengikuti  langkah ibunya ke tempat pengobatan itu.

Di bagian depan bangunan tempat pengobatan itu terpampang plang berukuran sedang bertuliskan pengobatan alternatif anak-anak cacat mental.  Meskipun zaman sudah beralih ke reformasi kehidupan anak-anak penyandang cacat ternyata cukup menyedihkan. Disini orang tua penderita cacat mental dalam mendidik lebih menekankan pada peran agama dan ilmu gaib (Kanner, 1964). Lambatnya reaksi penyandang cacat mental, kejangnya penderita epilepsi, atau diamnya penyandang tuna wicara dianggap sebagai tanda-tanda kesurupan roh halus. Mereka dianggap bukan (berjiwa) manusia, oleh karenanya tidak berhak menikmati kesejahteraan seperti halnya manusia normal. Sungguh ironis.

Sesaat kemudian saya melongok kedalam tempat pengobatan tersebut yang ternyata disana terdapat sekitar 5 anak penyandang cacat yang akan berobat. Melihat fenomena tadi terus terang perasaan saya terenyuh belum lagi Sekolah Khusus yang menangani anak berkebutuhan khusus di Karimun belum tersedia. Jika ini dibiarkan tanpa adanya penanganan khusus bisa jadi anak bangsa ini jika dewasa kelak cuma menjadi peminta-minta atau pengamen, baik secara perorangan atau secara berkelompok. Jika digali lebih mendalam, pada anak tersebut mungkin memiliki bakat yang hebat yang bisa di kembangkan disekolah khusus. Tentu ini tidak bisa dibiarkan berlama-lama.

Bermodalkan keyakinan demi mereka yang membutuhkan pendidikan dan penanganan khusus saya bertekad harus mampu mendirikan sekolah kepada mereka.  Berat memang, namun bagi saya hal tersebut adalah ujian yang harus saya hadapi demi terbentuknya sebuah perlindungan bagi mereka yang membutuhkan.

Seiring waktu berjalan sekolah pun bediri. Agar tidak sekedar pendidikan biasa, sebuah yayasan juga didirikan guna menaungi pendidikan tersebut. Dibawah bendera Yayasan Pendidikan Budi Bhakti Karimun, Sekolah Luar Biasa pertama berdiri di tanah melayu yang dijuluki Bumi Berazam tepatnya pada tahun 2002.  Sekolah formal Swasta bagi anak berkebutuhan khusus ini membebaskan biaya pendidikan terhadap siswanya alias gratis. Meski terasa berat namun ini menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi. Sekali layar terkembang surut kita berpantang. Apapun alasannya SLB YPBB Karimun harus tetap berkibar.

Setelah resmi berdiri di Tahun 2002, siswa pun mulai bertambah. Masalah utama adalah belum tersedianya gedung untuk menampung para siswa. Beban kian berat, belum lagi tenaga pengajar dan honornya juga belum tersedia. Donatur apalagi. Dunia terasa terbalik, kaki diatas dan kepala dibawah. Singkatnya, ujian ini membuat saya semakin kuat. Keluarga di kampung halaman Jawa Barat nyaris terlupakan. Empat tahun merantau tidak pernah kirim uang untuk anak isteri. Sadis…!!! Tapi saya tetap yakin cobaan ini perlahan akan terlewati dengan indah. Amin

Satu demi satu permasalahan telah dapat di selesaikan kendati masih gali lobang tutup lobang. Meski sebaliknya saya minta uang dari kampung untuk menutupi biaya operasional YPBB. Namun bagi saya hal tersebut bukan masalah terbesar. Yang terpenting mereka kini telah mendapatkan tempat untuk menimba Ilmu secara gratis dan nyaman di SLB YPBB Karimun.

Dan Bagi anda yang berminat membatu mereka dapat anda salurkan melalui Rekening SLB Swasta Karimun dengan No : 0618 – 01 – 002063 – 50 – 8. Bank BRI Cabang Tanjung Balai Karimun.

Komentar»

1. yudiday - 21/04/2010

sip pak perjuangannya sangat”” bagusssss

slbypbbkarimun - 21/04/2010

terimakasih pak atas kunjungannya. Semoga Tuhan senantiasa selalu melindungi Bapak dalam setiap menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Amin

2. SLB YPBB, Sekolah Swasta Gratis di Karimun « Slbypbbkarimun's Blog - 27/04/2010

[…] About […]

3. yudidayday - 31/05/2010

saya keluarga besar SLB N metro mengucapkan kusunya yudiday mari kita semangat membangun anak” bangsa demi masa depan mereka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: