jump to navigation

Mata Guru, Roha Sisean 20/11/2012

Posted by slbypbbkarimun in Inspiration Searching.
trackback

Sejenak saya kembali ke kampung halaman Suku Batak di Tapanuli. Disini saya mendapatkan petuah betapa hidup ini harus terus dan terus belajar. Untuk mencapai sukses ternyata tidak serta merta kita berhenti untuk belajar. Semakin banyak yang kita tahu sebanyak itu pula yang kita belum tahu. Jika orang berfikir dirinya sudah pintar anda jangan lantas merendah dihadapnya. Tanya kenapa, karna kelebihan pada diri anda tidak ada pada dirinya.

Dalam meraih sukses, Orang batak mempunyai jurus tersendiri yang diwariskan leluhurnya secara turun temurun terhadap anak-anaknya. Kunci suksesnya adalah “MATA GURU, ROHA SISEAN” artinya tidak lain begini. ” Jadikan Mata sebagai guru dan Nurani sebagai tuntunan”  Mata yang menyaksikan sekelilingnya secara otomatis mengirimkan sinyal ke otak tentang peluang usaha apa yang layak dibangun disana mencari keuntungan dan selanjutnya direkomendasikan ke Nurani tentang risiko usaha tersebut setelah berdiri.  Orang berpikir dan bersikap berdasarkan apa yang dilihat atau dialaminya. Dan sebelum mengambil keputusan tentunya akan mendengarkan suara hatinya. Memanfaatkan pengalaman dan suara hati adalah guru yang terbaik. kira-kira demikian pengertiannya.

Tergolong suku yang pekerja keras dan sigap mengambil peluang, Suku Batak tergolong sukses di setiap daerah tempat tinggalnya.  Besar atau kecilnya bisnisnya orang Batak, mereka punya kemampuan dalam menghadapi persaingan usaha yang berat dan dipenuhi segala macam resiko. Karna sesungguhnya, dunia bisnis yang penuh risiko ini sudah mereka kenal sejak awal sehingga tidak terkejut apabila sudah terjun ke dunia bisnis dengan sejuta tantangan didalmnya.

Banyak orang beranggapan suksesnya sebuah usaha karna dibarengi dengan latar belakang sesorang. Contohnya, pemilik usaha tersebut berlatar belakang mekanik dan mendirikan sebuah usaha perbengkelan atau jasa service lantas sukses. Itu semua tidak benar.  Karna menurut petuah orang batak, Jika tanpa kerja keras dan Doa usaha apapun yang kita lakukan tidak akan berhasil dan berjalan sukses.

Kembali pada “Mata Guru, Roha Sisean”. Bercerita tentang peluang usaha sesungguhnya banyak berterbaran disekeliling kita. Kita tinggal memilih satu dari peluang yang ada dan jangan sesekali asal dengan pilihan yang kita tentukan, setelah itu tidak ada salahnyya melakukan reset pasar khususnya kondisi disekitar lokasi usaha jika jenis usaha yang kita bangun bersifat lokal.

Mata Guru, Roha Sisean menggambarkan bahwa suatu produk berpotensi untuk laku dijual dan menguntungkan apabila penawaran untuk produk tersebut masih lebih kecil dari permintaan. Peluang usaha timbul ketika permintaan pasar lebih besar dari penawaran. Sebaiknya peluang usaha yang demikianlah yang menjadi pilihan. Tidak lupa, tentukan pula beberapa peluang usaha tersebut untuk dibanding bandingkan dengan faktor faktor lainnya.

Demikian perjalanan saya di Kampung halaman suku Batak di tapanuli. Apa yang saya tuliskan ini bukanlah untuk merendahkan suku lain, karana sesungguhnya tulisan ini untuk membangun dan menjadi referensi bagi kita untuk maju.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: