jump to navigation

Komentar Pengajar Soal Perubahan Kurikulum 20/11/2012

Posted by slbypbbkarimun in Kurikulum SMA.
trackback

Pasca pemberlakuan kurikulum baru, sejumlah guru yang mengajar mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (Mapel TIK) mengaku cukup resah lantaran Mapel TIK akan dihapus pada kurikulum baru SMP yang akan mulai berlaku pada awal tahun ajaran baru 2013 nanti.  Keresahan para guru ini terkait dengan penjelasan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) yang dianggap kurang memadai.

Menurut mereka, seharusnya Mendikbud berpikir lebih jauh mengenai bagaimana nasib guru yang mata pelajarannya dihapus.
“Pak menteri, bagaimana nasib guru pengajar TIK yang sudah tersertifikasi. Mohon itu dipikirkan pak. Jangan hanya membuat kebijakan-kebijakan dan kurikulum baru (saja),” kata Bu Ida, guru pengajar TIK asal Sampang, Jatim, yang dikutip dari Blog Srie (15/11).

Sementara itu seorang guru TIK lainnya Bu Sri, di Kuningan, Jabar, mengaku terkejut saat mengetahui mapelnya akan dihapus mulai tahun depan. Alasannya, ia akan ganti-ganti lagi mapel yang akan dipegangnya. Bahkan, mapel TIK sekarang pun tidak sesuai dengan pendidikan yang dijalani, yakni Ekonomi.

Memang, tidak mudah bagi guru untuk beralih dari satu mapel ke mapel yang lainnya. Kemendikbud dianggap mengambil cara mudahnya saja, padahal di lapangan banyak masalah yang akan ditimbulkan pasca penghapusan mapel TIK.

Di samping masalah perlunya penyesuaian baru, juga terkait dengan masalah sertifikasi. Untuk guru TIK yang sudah tersertifikasi akan bermalasah kembali ketika mapel baru yang dipegangnya nanti tidak sesuai dengan mapel yang disertifikasi.

Belum lagi, ada kemungkinan guru kekurangan jam mengajar minimal, akibat mapel yang berkurang. Terpenuhinya hal tersebut merupakan persyaratan guru tersertifikasi. Jika tidak, maka tunjangan sertifikasi akan ditahan.

Pak Suti, guru asal Kabupaten Sidrap, Sulsel, mengingatkan Mendikbud agar tidak seenaknya mengambil kebijakan penghapusan mapel. Karena, menurutnya, akan ada pihak yang menjadi korban. Antara lain, para guru TIK dan masasiswa jurusan pendidikan TIK yang nasibnya bermasalah usai penghapusan mapel TIK.

“Pak Menteri yg terhormat…tolong berpikir yg baik, jangan asal enaknya mengambil suatu kebijakan2 yg bisa mengorbankan banyak orang,” ujar Pak Suti kepada Blog Srie.

Sebelumnya, pihak Kemendikbud telah mengungkapkan rencana perubahan kurikulum, dimana mapel TIK merupakan salah satu mapel yang akan dihapus. Dalam draft struktur kurikulum baru, mapel TIK akan diintegrasikan pada semua mapel lainnya berdasarkan konsep pendidikan yang berbasis TIK.

Menurut Mendikbud, Muhamad Nuh, ke depan semua guru harus menerapkan sistem pembelajaran yang berbasis TIK. Itulah, kata Mendikbud, salah satu alasan mapel TIK dihapus. Namun demikian, Kemendikbud juga masih membuka peluang untuk TIK sebagai mapel muatan lokal, atau ekstra kurikuler.  dikutip dari berbagai sumber

Komentar»

1. salsabila nahdah shalihah - 11/12/2012

saya tidak setuju kalau pelajaran tik akan dihapus karena apa guna ada komputer kalau tidak ada pelajaran tik
tik itu adalah pelajaran yg paling berguna apa guna ada alat komunikiasi
itu saja yg bisa saya sampaikan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: