jump to navigation

Kurikulum dan Penjurusan SMA TA 2013-2014 Akan Dirubah 14/11/2012

Posted by slbypbbkarimun in Kurikulum SMA.
trackback

Setelah dipaparkan kemarin, perombakan kurikulum untuk tahun ajaran 2013/2014 mendapat respon positif dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono. Hal ini berarti memastikan bahwa mulai Juni 2013 mendatang anak-anak sekolah baik dari tingkat SD hingga SMA akan menggunakan kurikulum baru.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh, mengatakan bahwa perombakan kurikulum ini sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) sehingga sudah dibahas sejak lama. Ia juga mengungkapkan bahwa sudah semestinya kurikulum yang ada diubah.

“Kurikulum berubah itu wajar karena tantangan jaman juga berubah, ilmu kependidikan juga berubah, metodologi pembelajaran juga berubah,” kata Nuh, saat jumpa pers di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Selasa (13/11/2012).

Ia meminta pada semua pihak agar tidak perlu khawatir dengan perubahan kurikulum yang ada. Pasalnya, kurikulum yang tengah dimatangkan ini akan mengedepankan observasi dan praktik langsung kepada peserta didik sehingga implementasi pembelajarannya akan lebih mengena.

“Memang sudah saatnya berubah. Anak-anak ini tidak bisa hanya sekedar diberitahu tapi saatnya anak-anak didorong untuk mencari tahu,” jelas Nuh.

“Justru kalau kurikulum itu tidak berubah malah tidak wajar. Jangan risau juga dengan perubahan ini. Perlu risau kalau itu tadi, kurikulum itu tidak berubah atau kurikulum berubah tapi tanpa dasar,” imbuhnya.

Sementara dasar dari perubahan kurikulum ini jelas untuk menjawab tantangan globalisasi dan menyelesaikan berbagai masalah yang muncul dalam dunia anak seperti maraknya tawuran dan kekerasan. Dalam pembahasan kurikulum ini, titik prioritas ada pada ranah pendidikan dasar.

“Pendidikan dasar ini kan awal mulanya anak-anak ini tumbuh. Kalau pendidikan dasarnya bagus maka Insya Allah ke depannya pasti baik. Maka dari itu tadi perdebatan banyak terjadi untuk pendidikan dasar,” tandasnya. kompas.com

About these ads

Komentar»

1. Apa Tanggapan Anda Soal Kurikulum Baru 2013-2014 « Slbypbbkarimun's Blog - 14/11/2012

[...] Kurikulum dan Penjurusan SMA TA 2013-2014 AkanĀ Dirubah [...]

2. Parpol Dekati Budi Prayitno « Slbypbbkarimun's Blog - 20/11/2012

[...] Adalah Budi Prayitno, Pendiri Yayasan Pendidikan Budi BhaktiĀ  (YPBB) SLB PK-PLK Gratis di Karimun salah satu sosok yang di incar oleh Banyak petinggi parpol. Pria asal Cimahi Jawa Barat ini menurut mereka adalah figur yang tepat untuk mewakili rakyat di kursi legislatif tingkat Kabupaten Karimun. Budi, menurut para pengamat memiliki track record yang bagus dan mumpuni. Perjuangannya memberikan pendidikan terhadap anak-anak cacat dengan mendirikan sebuah Yayasan bernama SLB YPBB menjadi sebuah bukti bahwa Budi Prayitno adalah sosok yang tepat menjadi wakil rakyat. Apalagi yayasan pendidikan tersebut membebaskan biaya pendidikan bagi siswanya sementara yayasan itu adalah swasta, ujar pengamat. [...]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: